Hemat Data Paket Internet Untuk Semua


Di zaman krisis ekonomi seperti sekarang ini, sebaiknya kita berhemat dengan menggunakan keuangan kita untuk keperluan yang benar-benar penting. Tapi sekarang Internet sudah menjadi hal yang sangat penting, mungkin juga sudah menjadi kebutuhan pokok. Kalau tidak bertemu sehari saja bisa bikin kita uring-uringan.
Hemat Data Paket Internet Untuk Semua

Maka kita harus mencari cara dan solusi yang tepat bagaimana cara Hemat Data Paket Internet Untuk Semua?

Karena semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin mahal pula harga yang harus kita bayar. Bisa bangkrut kalau begini terus.

Berikut cara Hemat Data Paket Internet Untuk Semua supaya kuota Internet modem tidak boros dan tidak cepat habis.

1. Pergunakan Sesuai dengan Kebutuhan
Kita kalau sudah berhadapan dengan Internet biasanya akan melakukan apa saja yang bisa dilakukan di Internet, dengan kebiasaan seperti ini akan membuat kuota Internet lekas habis dari pada waktu masa aktifnya sendiri.

Dan juga dalam menggunakan Smartphone atau Gadget lainnya, kita memilih mengaktifkan mode pemakaian data setiap saat. Maka dapat dipastikan ada sejumlah kuota Internet yang terpakai meskipun kamu sedang tidak menggunakannya. Oleh karena itu, kalau mau hemat pulsa, kamu harus mengatur kapan kita harus mengaktifkan mode data dan kapan kamu harus mematikannya.

Kita harus sadar bahwa tidak harus selalu terhubung dengan Internet, tidak harus setiap saat chatting, browsing, atau nge-game. Mode data yang selalu aktif juga beresiko mengganggu konsentrasi kita. Kita merasa harus selalu mengecek setiap saat, padahal masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan. Lebih enak untuk mengaktifkan mode data pada saat istirahat saja, dan matikan pada saat beraktifitas.

Pada modem komputer, maka aturlah penggunaannya sesuai dengan kebutuhan yang penting, contohnya pergunakan dalam beberapa jam saja atau masuk pengaturan modem dan atur batas data hingga sampai 150 Mb batas penggunaan.

Dengan begitu kita dapat menggunakan kuota sebesar 150 Mb saja, jadi bila kita beli kuota 5 Gb maka kuota 5 Gb dapat digunakan dalam waktu 1 bulan, jika batas data dipekecil lagi maka kita benar-benar bisa menghemat.
 
2. Menghemat Kuota Internet dengan Aplikasi
Hemat DataPaket Internet dengan Aplikasi Destroy Windows Spying, adalah software gratis yang bisa digunakan untuk mencegah Laptop dan PC boros data internet. Cara kerjanya adalah dengan mencegah Windows Update, menonaktifkan Aplikasi Metro pada Windows 8 ke atas, mencegah Server Windows untuk mengakses data Internet dan lain-lain. download disini

Keunggulan aplikasi ini, kita tidak perlu melakukan setting manual tapi biarkan aplikasi ini secara otomatis melakukannya untuk kita. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan pada versi Windows 7 hingga Windows 10. Ukurannya juga sangat kecil hanya sekitar 500 Kb saja. Pemakaiaanya pun cukup mudah dengan tampilan sederhana, hanya perlu akses Admin saja untuk menjalankannya. download disini

Atau menggunakan Aplikasi Update Freezer, software ini mampu untuk memantau aplikasi apa saja yang aktif bisa kamu disable dahulu. Jangan semua aplikasi disable. Pilih yang tidak penting dan tidak digunakan. Instal dan buka softwarenya. Ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan, matikan aplikasi yang tidak penting dan sama sekali tidak digunakan. download disini

3. Memahami Penggunaan Kuota Internet
Selanjutnya kita harus memahami penggunaan kuota Internet itu sendiri. Yaitu dengan cara, apabila kita akan mendownload sebuah file dengan ukuran besar, maka tunggulah dimana kuota memiliki kapasitas dijam tertentu dan pada kualitas sinyal yang paling bagus.

Ada kuota yang 24 jam non stop dan ada juga yang hanya setengah hari saja, manfaatkan ditengah malam yang mana tidak akan menghabiskan kuota untuk jatah dipagi harinya. Pada tengah malam juga kualitas sinyal dalam kondisi yang bagus, jadi terhindar dari gagalnya proses download.

4. Memilih Paket Sesuai Pemakaian
Dalam menggunakan Internet, setiap orang memiliki cara berbeda-beda. Penggunaannya mungkin hampir sama, tapi aktifitas yang dilakukan bisa berpengaruh pada seberapa boros pemakaian pulsa. Ada orang yang menggunakan Internet untuk chatting, browsing, atau main game. Jadi kita harus menyesuaikan paket Internet dengan kebiasaan yang kita lakukan dalam ber-Internet.

Bagi yang suka nge-game, cocok memakai paket Internet yang tidak terbatas atau unlimited. Karena saat bermain game biasanya kuota bisa habis tiba-tiba, dan akhirnya memakai tarif Internet normal sehingga jadi sangat mahal. Dengan paket unlimited, kita bisa bermain sepuasnya tanpa perlu takut boros pulsa.

5. Nonaktifkan Fitur Auto-Sync
Fitur Auto-Sync pada Smartphone dan Gadget lainnya berfungsi untuk meng-update email terbaru secara otomatis. Sebenarnya fitur ini sangat memudahkan kita, karena segera mendapatkan notifikasi ketika ada email yang datang, tapi fitur ini membuat pemakaian kuota Internet menjadi boros.
Smartphone dan Gadget lainnya akan selalu melakukan update setiap beberapa saat dan itu akan memakan kuota Internet kita. Solusinya dengan mematikan fitur auto-sync ini dan meng-update email baru secara manual.

6. Melakukan Cek Kuota Secara Rutin
Point selanjutnya kita harus rajin mengecek pemakaian kuota di Smartphone dan Gadget lainnya maupun Modem Internet. Jadi kita bisa melihat aplikasi apa saja yang menyedot banyak pemakaian kuota Internet, setelah tahu lalu batasi pemakaian aplikasi tersebut.

7. Memperhatikan Sinyal di Lokasi
Di lokasi-lokasi tertentu ada yang susah mendapatkan sinyal. Hal itu tidak hanya menyebalkan, tapi juga membuat pemakaian kuota Internet di Smartphone dan Gadget lainnya maupun Modem Internet jadi boros. Saat mode data aktif, maka akan selalu berusaha mencari sinyal dan itu berdampak pada pemakaian kuota Internet untuk hal yang tidak perlu.

Apabila kita dalam lokasi yang susah sinyal, lebih baik non-aktifkan dulu mode data yang kita gunakan. Dengan cara sepeerti ini jadi kita bisa hemat pulsa dan juga menghemat baterainya. Jadi pakailah Smartphone dan Gadget lainnya untuk Internetan saat sinyal sudah stabil dan berada dalam kondisi terbaiknya.

8. Memanfaatkan WiFi
Sekarang sudah sangat banyak tempat yang menyediakan fasilitas WiFi gratis. Kita sebaiknya memanfaatkan fasilitas tersebut. Menggunakan WiFi akan sangat membantu dalam berhemat, bisa dibilang Internetan secara gratis.
Juga manfaatkan WiFi untuk menginstall update terbaru di Smartphone dan Gadget lainnya maupun Laptop dan mendownload. Karena dua aktifitas ini jika dilakukan dengan menggunakan mode data akan sangat membuat boros. Jadi manfaatkan WiFi semaksimal mungkin.

9. Jika punya Dua Gadget dapat dimanfaatkan
Banyak orang pasti memiliki lebih dari satu Gadget. Punya satu gadget saja, pengeluaran sudah bertambah, apalagi kalau punya dua? Tapi jangan salah, dengan memiliki  dua Gadget, kita bisa lebih hemat lo.
Caranya dengan mengaktifkan paket yang paling murah pada salah satu Gadgetmu, dan saat mau Internetan, gunakan fitur tethering yang berfungsi seperti WiFi, jadi kita bisa memanfaatkan dan hasilnya kita bisa jadi lebih hemat.

10. Mematikan Sistem Update Pada Laptop dan PC
Dan yang terakhir ini yang harus kita lakukan, yaitu dengan mematikan sistem Update yang ada di Laptop atau PC kita, cara ini memang sangat mujarab untuk menghemat kuota Internet, dan tentu saja menjadi alasan kenapa kuota Internet aksesnya lebih lambat pada Laptop dan PC.

Karena kalau kita mengaktifkan mode Update otomatis makanya kuota yang digunakan untuk mengakses Internet sebagian terpakai dan akhirnya akan habis begitu saja.

Dengan cara diatas yang bisa kita lakukan untuk menyiasati Smartphone dan Gadget maupun Laptop kita agar menghemat pemakaian kuota data Hemat Data Paket Internet Untuk Semua. Jadi, bisa buat uang kita lebih berguna, nggak melulu beli pulsa buat paket Internet. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: